Senin, 20 Mei 2013

Match Preview: Barito Putera vs Mitra Kukar

BARTMAN - Derby Kalimantan langsung tersaji di partai kandang perdana Barito Putera di putaran kedua Indonesia Super League musim ini. Adalah Mitra Kukar tim yang akan dijamu Barito Putera Selasa (21/5) nanti di Stadion Demang Lehman, Martapura.
Hasil menyakitkan yang didapat Laskar Antasari di Tenggarong akan menjadi bumbu penyedap pada laga ini. Terlebih kemenangan tipis tim yang berjuluk Naga Mekes itu terlahir lewat gol penalty kontroversial Esteban Herrera di menit akhir pertandingan. Tapi, optimistis punggawa Barito membumbung tinggi kala menghadapi pertandingan nanti. Start cukup bagus di dua pertandingan awal putaran kedua bisa dijadikan modal. Kemenangan atas tim anak asuh Stefan Hansson ini jadi harga mati.



Oleh : Muhammad Arizal Hadi


Analisis Statistik
Rekor Barito main di kandang hampir sempurna, hanya sekali tertahan seri oleh Persiram dan sisanya berhasil meraup 3 poin. Permainan khas dengan pressing ketat dan sangat ngotot apabila main di kandang, dipastikan membuat tim yang akan bertamu ke Stadion Demang Lehman menjadi gemetar. Jumlah 19 gol yang berhasil diceploskan Laskar Antasari ke gawang tim tamu pada putaran pertama lalu ketika bermain di kandang menunjukkan kebuasan Barito. Rasio mencetak gol Barito tersebut bisa saja bertambah, karena pada putaran kedua ini kedatangan beberapa muka baru. Masuknya Okto Maniani, Makan Konate dan Risky Ripora tentu membuat alur serangan Barito menjadi lebih tajam dan bervariasi.
Mitra Kukar adalah salah satu tim yang stabil di Indonesia Super League. Mereka sukses mengakhiri putaran pertama dengan bercokol di posisi 5 klasemen. Hasil main tandang mereka cukup bagus di putaran pertama, mereka mampu memenangkan 4 kali pertandingan tandang dan sekali hasil imbang serta mampu mencetak 13 gol. Kalau di rata-ratakan  persentase gol Mitra Kukar saat bertanding ke tandang lawan adalah 1,45 gol/pertandingan.
Analisis Pertandingan dan Bedah Taktik
Secara taktikal, kedua tim ini sedikit agak sama yaitu lebih sering menyerang dengan memanfaatkan kedua flank untuk mengirimkan umpan lambung ke kotak penalti lawan, juga dibantu dengan pasokan umpan dari lapangan tengah kedua tim. Terbukti dari data statistik @labbola, Coulibaly Djibril telah sukses mencetetak 14 gol dan menjadi striker terbanyak kedua setelah Esteban Herrera  yang mengancam gawang musuh, yaitu sebanyak 43 kali (sementara Esteban Herrera 45 kali). Kebrutalan Djibril sangat didukung oleh pemain sayap Barito. Terlebih sayap kanan yang diisi Dedy Hartono sangat rajin mengirimkan umpan matang ke striker berkebangsaan Mali tersebut.
Menurut @labbola, pada putaran pertama Dedy menjadi pemain dengan tingkat akurasi crossing teringgi di ISL yaitu dengan 41 persen. Di kubu lawan, Esteban Herrera jelas harus dikawal ketat oleh lini belakang Barito yang nanti akan tampil tanpa kehadiran dua pilarnya, yakni Daewon Ha dan Henry Njobi Elad akibat terkena akumulasi kartu. Kemungkinan besar Guntur Ariyadi dan Ardan Aras akan diduetkan sejak kick off babak pertama untuk menggalang pertahanan Barito. Pertempuran sengit akan terjadi di lapangan tengah antara Ahmad Bustomi dan Paulo Frangipane (jika diturunkan) serta  Mekan Nasyrov dan Makan Konate di kubu tuan rumah.
Kesimpulan
Dari bedah taktik di atas sudah terlihat bahwa pertandingan ini sangat menarik dan akan berlangsung ketat sejak peluit babak pertama ditiupkan. Dilihat dari klasemen pun kedua tim hanya berbeda satu strip (Barito posisi 6 dan Mitra Kukar posisi 5) membuat pertandingan ini menjadi layak untuk disaksikan, meskipun Barito selalu bermain hampir sempurna di Demang Lehman tapi tidak memberikan jaminan Barito akan mudah meraih kemenangan jika melihat statistik main tandang Mitra Kukar yang lumayan bagus. Sebagai Bartman, tentu kita berharap hadirnya kemenangan, namun jangan kecewa kalau hasil akhir pertandingan Derby Kalimantan ini berakhir sama kuat.

Sumber : www.isl.baritomania