Jumat, 29 Maret 2013

Review: Persiba Balikpapan Menang Tipis Atas 9 Pemain Barito Putera

BARTMAN - Lawatan Barito Putera ke kandang Persiba Balikpapan berakhir kurang manis. Awan hitam menggelayuti Laskar Antasari selama 2 x 45 menit pertandingan. Sembilan pemain Barito pun harus mengakui keunggulan tuan rumah Persiba dengan skor tipis 1-0. Keluarlah para pemain anak asuh Coach Salahudin dengan kepala tertunduk lesu dari Stadion Persiba, Parikesit, Balikpapan.


Oleh : @zezenforhot


Pertandingan yang diwarnai 2 kartu merah untuk 2 pemain asing Barito ini berlangsung keras. Il Capitano, Mekan Nasyrov hanya bertahan selama setengah jam di lapangan. Sementara Henry Njobi Elad keluar lapangan di menit 88 babak kedua setelah wasit Jerry Elly yang berdiskusi dengan hakim garis memutuskan untuk mencabut kartu merah untuknya.
Babak Pertama
Tempo permainan terkesan sedang-sedang saja. Kedua kesebelasan pun nyaris minim peluang. Yang terjadi justru permainan keras yang diperagakan kedua tim.
Coulibaly Djibril sempat mencetak gol ke gawang Persiba. Namun, hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside. Padahal dari tayangan ulang sangat jelas posisi Coulibaly onside.
Di menit 20 wasit Jerry Elly sudah memberikan hadiah kartu kuning untuk pemain tuan rumah, Yudi Khoerudin. Setengah jam laga berjalan, giliran kapten Barito, Mekan Nasyrov mendapatkan kartu. Protes berlebihan dari pemain asal Turkmenistan ini memaksa wasit mengeluarkan kartu merah.
Bermain dengan 10 orang membuat lini tengah Barito sedikit timpang. Hal ini dimanfaatkan pemain-pemain Persiba untuk terus menggempur pertahanan tim tamu. Hasilnya di penghujung babak pertama Syakir Sulaiman berhasil membobol gawang Barito. Rizki Mirzamah yang terlambat menutup pergerakan, memudahkan Syakir mengecoh Dian Agus Prasetyo.
Babak Kedua
Di babak kedua, Coach Salahudin langsung memasukkan sang supersub Nehemia Solossa untuk menggantikan Lucky Wahyu. Serangan Barito kembali hidup semenjak masuknya Neme. Di menit 63, sepakan keras kaki kiri Coulibaly masih mampu ditepis kiper Persiba, Wawan Hendrawan.
Masih belum mampu mencetak gol, satu penyerang kembali diturunkan Coach Salahudin. Yongki Aribowo masuk menggantikan Rizki Mirzamah di menit 69. Memakai tiga penyerang memaksa lini belakang Persiba bekerja ekstra keras untuk mempertahankan keunggulan.
Di saat tim sedang berusaha menyamakan kedudukan, Henry Njobi berulah. Dengan sengaja, Njobi menginjak kaki Johan Yoga. Walupun wasit tidak melihat langsung kejadian itu, namun setelah berdiskusi dengan hakim garis akhirnya Jerry Elly mengeluarkan kartu merah untuk stoper asal Kamerun tersebut.
Jadilah Barito bermain sembilan orang di beberapa menit jelanglaga usai. Added time 2 menit di babak kedua tidak begitu berarti bagi kedua kesebelasan. Skor akhir 1-0 untuk keunggulan Beruang Madu, Persiba Balikpapan.
Asisten Manajer Barito Putera, Muhammad Arifin, mengaku kecewa terhadap pemainnya yang melakukan protes berlebihan sehingga merugikan tim karena diganjar kartu merah. Dia berharap insiden tersebut tidak terulang kembali.
Dengan hasil ini Barito berada di peringkat 6 masih dengan point 18 hasil dari 12 bermain. Sedangkan Persiba Balikpapan naik ke posisi 9 dengan 16 point dari 12 kali bertanding.

Sumber : www.isl.baritomania.com