Sabtu, 12 Januari 2013

Review: Sriwijaya FC Tundukkan Barito Putera di Derby Kota Sungai

PALEMBANG, BARTMAN - Sriwijaya FC harus bersusah payah sebelum akhirnya menyudahi perlawanan Barito Putera 3-2 dalam lanjutan Indonesia Super League 2012/2013 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (11/1/2013).
Di awal laga kedua tim bermain terbuka dan saling melancarkan serangan. Barito Putera hampir saja membuka keunggulan di menit ke-4 melalui Yongki Aribowo. Sayang sontekan mantan pemain Persisam ini hanya membentur mistar gawang, bola rebound juga gagal dimanfaatkan oleh Djibril Coulibaly.

Petaka bagi tuan rumah terjadi ketika memasuki menit ke-8. Coulibaly Djibril berhasil mencetak gol sekaligus membawa Barito unggul dengan memaksimalkan umpan silang Sackie Teah Doe.
Barito yang tampil beringas kembali mendapat peluang di menit ke-23, kali ini melalui Sackie Teah Doe. Sayang Sackie gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya meski sudah tinggal berhadapan dengan kiper Rivky Mokodompit.
Sriwijaya bukannya tanpa peluang, Tantan hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-28. Bola sontekan Tantan sudah melewati kiper Dedy Sutanto, namun bola masih bisa diselamatkan Guntur Ariyadi sebelum melewati garis gawang.
Pada menit berikutnya, tensi pertandingan meninggi dan Wasit Oki Dwi Putra harus mengeluarkan dua kartu kuning untuk tim tamu, Fathul Rahman setelah menjegal Sultan Samma pada menit ke-35 dan untuk Guntur Ariadi pada menit ke-38.

Tuan rumah mendapatkan kesempatan terakhir pada menit ke-43 untuk menyamakan kedudukan. Namun, akselarasi Tantan merebut bola dari Henry Njobi Elad di dalam kotak penalti kembali gagal berbuah maksimal, setelah bola tendangan saltonya masih melebar ke kanan atas gawang Barito. Skor 1-0 untuk keunggulan Laskar Antasari bertahan hingga turun minum.

Ketika babak kedua berlangsung tujuh menit, Sriwijaya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sundulan Boakay Eddie Foday pada menit ke-53 dengan memanfaatkan tendangan bebas Mahyadi Panggabean.

Kas Hartadi memasukkan pemain anyar James Gilbert Robinson mengantikan Fahruddin pada menit ke-61. Sriwijaya berbalik unggul melalui tendangan bebas jarak jauh Ahmad Jufriyanto di menit ke-73.

Namun, petaka tuan rumah kembali terjadi pada menit ke-83 akibat terlambat menutup pergerakan serangan balik, tendangan keras Nehemia Solossa dari luar kotak penalti membuat kedudukan kembali sama kuat 2-2.
Pada menit ke-91 Sriwijaya mampu menentukan kemenangan melalui Ahmad Jufrianto yang mengoptimalkan umpan hasil tendanagn bebas Mahyadi Panggabean.

Kedudukan 3-2 untuk Laskar Wong Kito bertahan hingga wasit Oki Dwi Putra meniup peluit panjang.

"Sriwijaya memang tim juara, mereka tenang menghadapi situasi tertekan akibat tertinggal. Gol lawan tercipta melalui bola mati, itu yang bakal jadi evaluasi ke depan," kata Pelatih Barito Putera Salahuddin.

Sementara pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi mengatakan timnya tidak tampil dalam performa terbaik karena sejumlah pemain absen dan mengalami cedera. "Tim tidak lengkap, ini yang membuat saya cemas di dua pertandingan awal," katanya.

Sumber : http://isl.baritomania.com/